MINAT BELANJA PRODUK FASHION SECARA ONLINE : PERBEDAAN ANTARA GENERASI X, Y DAN Z
Keywords:
minat belanja online, produk fashion, generasiAbstract
Pandemi COVID-19 yang terjadi dua tahun terakhir telah mengubh dunia bisnis mulai dari kegiatan operasional, pemasaran, penjualan serta cara pebisnis berkomunikasi dan mencapai konsumennya. Tak sedikit bisnis fashion yang tumbang selama pandemi, namun tak sedikit pula yang justru mampu melihat peluang dan memperoleh keuntungan dari situasi ini. Disisi lain, saat ini konsumen dari generasi X, Y dan Z merupakan kelompok konsumen yang memiliki daya beli yang kuat dan merupakan grup konsumen potensial. Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbedaan minat belanja produk fashion seperti pakaian, tas, sepatu secara online antara konsumen generasi X, Y dan Z. Data dikumpulkan dengan mendistribusikan kuisioner kepada 90 responden pengguna aplikasi e-commerce Shopee, Bukalapak dan Tokopedia di Kecamatan Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara dengan membaginya masing-masing 30 sampel untuk setiap kelompok generasi. Dengan analisis uji beda ANOVA ditemukan bahwa tidak ada perbedaan minat transaksional dan eksploratif yang signifikan dalam belanja produk fashion secara online antara generasi X, Y, dan Z, serta ada perbedaan minat refrensial dan preferensial yang signifikan dalam belanja produk fashion secara online antara generasi X, Y, dan Z di Muara Badak Kutai Kartanegara.