MINAT BELANJA PRODUK FASHION SECARA ONLINE : PERBEDAAN ANTARA GENERASI X, Y DAN Z

Authors

  • Silvana Kardinar Wijayanti

Keywords:

minat belanja online, produk fashion, generasi

Abstract

Pandemi COVID-19 yang terjadi dua tahun terakhir telah mengubh dunia bisnis mulai dari kegiatan operasional, pemasaran, penjualan serta cara pebisnis berkomunikasi dan mencapai konsumennya. Tak sedikit bisnis fashion yang tumbang selama pandemi, namun tak sedikit pula yang justru mampu melihat peluang dan memperoleh keuntungan dari situasi ini. Disisi lain, saat ini konsumen dari generasi X, Y dan Z merupakan kelompok konsumen yang memiliki daya beli yang kuat dan merupakan grup konsumen potensial. Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbedaan minat belanja produk fashion seperti pakaian, tas, sepatu secara online antara konsumen generasi X, Y dan Z. Data dikumpulkan dengan mendistribusikan kuisioner kepada 90 responden pengguna aplikasi e-commerce Shopee, Bukalapak dan Tokopedia di Kecamatan Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara dengan membaginya masing-masing 30 sampel untuk setiap kelompok generasi. Dengan analisis uji beda ANOVA ditemukan bahwa tidak ada perbedaan minat transaksional dan eksploratif yang signifikan dalam belanja produk fashion secara online antara generasi X, Y, dan Z, serta ada perbedaan minat refrensial dan preferensial yang signifikan dalam belanja produk fashion secara online antara generasi X, Y, dan Z di Muara Badak Kutai Kartanegara.

Author Biography

Silvana Kardinar Wijayanti

Lahir di Tenggarong, 21 April 1992. S1 di Stafford-Shire University at Malaysia paada tahun 2012. S2 di Universitas Mulawarman tahun 2015. Saat ini bekerja sebagai dosen di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Tenggarong dengan program studi Manajemen.

Downloads

Published

2022-02-22