Analisis Yuridis Penerapan Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan Dalam Perspektif Criminal Justice System Di Kabupaten Kutai Kartanegara

Authors

  • Muhammad Soleh Pulungan

Keywords:

lalulintas, kecelakaan, kendaraan, penegakan, hukum

Abstract

Masyarakat modern membutuhkan transportasi dalam menjalankan berbagai aktivitasnya. Namun, faktanya kecelakaan lalu lintas telah menjadi sumber kematian yang cukup tinggi disebabkan oleh berbagai faktor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1). Bagaimanakah implementasi UU No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan; 2). Faktor-faktor apakah yang menjadi faktor yang dominan terhadap penyebab terjadinya kecelakaan lalulintas; 3). Bagaimanakah upaya penegakan hukum terhadap kasus kecelakaan lalulintas diwilayah Kab. Kutai Kartanegara. Metode penelitian ini bersifat yuridis normatif yang menitik beratkan pada obyek penelitian Peraturan Perudang-undangan, dengan studi kasus upaya penegakan hukum terhadap kasus kecelakaan lalulintas diwilayah Kab. Kutai Kartanegara. Hasil Penelitian; 1). Terdapat beberapa pasal dalam penerapan UU No. 22 tahun 2009 yang menjadi sumber potensi pelanggaran lalulintas 2). faktor yang dominan terhadap penyebab terjadinya kecelakaan lalulintas diwilayah Kutai Kartanegara adalah; kelalaian manusia, kurang memahami rambu-rambu lalulintas, kenderaan yang melebihi standar kapasitas, dan karena akibat lingkungan alam; 3). Penegakan hukum terhadap pelanggaran lalulintas dilakukan dengan cara inovasi yakni sidang ditempat dengan prinsip menerapkan Sistem Peradilan Pidana.

Author Biography

Muhammad Soleh Pulungan

Lahir di Hutabargot, Sumatera Utara tanggal 10 Juli 1966. S1 Jurusan Pendidikan di UNY Yogyakarta tahun 2002. S2 Jurusan Hukum di UPB Surabaya. S3 di Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya Jurusan Ilmu  Hukum Tatanegara . Bekerja sebagai Fungsional Peneliti Madya di Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Kutai Kartanegara.

Downloads

Published

2020-12-03