DINAMIKA PEMBELAJARAN ENGLISH SPECIFIC PURPOSE BERSIFAT EKSPLORATIF PADA PROGRAM STUDI MANAJEMEN PERKEBUNAN POLITEKNIK PERTANIAN NEGERI SAMARINDA

  • Suswanto Suswanto
Keywords: dinamika, pembelajaran, english, specific, purpose

Abstract

Fenomena banyaknya kritik terhadap kecenderungan model pembelajaran pada perguruan tinggi vocational mencerminkan pentingnya inovasi dan eksperimentasi. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dan memaknai dinamika pembelajaran English Specific Purpose bersifat eksploratif pada Program Studi Manajemen Perkebunan Politeknik Pertanian Negeri Samarinda. Metode penelitian bersifat deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi untuk mengungkap dinamika pembelajaran English Specific Purpose. Penelitian ini menggunakan dua model analisis yaitu analisis saat mempertajam keabsahan data dan analisis melalui interpretasi data secara keseluruhan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  Dinamika Pembelajaran English Specifik Purpose bersifat eksploratif dapat ditemukan ketika: mahasiswa memperoleh kesempatan (chance) untuk berekplorasi pada jam mata kuliah Bahasa Inggris, mahasiswa mengaplikasikan praktek keseharian di lapangan (aplication practice), dan pengajar memelihara hubungan (caring relationship) antara dosen dan mahasiswa.

Author Biography

Suswanto Suswanto

Lahir di Blitar Jawa Timur tanggal 25 Mei 1968. Lulus sarjana Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Tahun 1992. Program Magister Managemen Pendidikan di Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Yogjakarta (UNY) Tahun 2003. Melanjutkan Program Studi S3 di UNY Tahun 2014. Sekarang bekerja sebagai dosen di Politeknik Negeri Samarinda

Published
2018-12-31
Section
Articles