Jurnal “Gerbang Etam” dengan No. ISSN 1978-838X adalah Jurnal Ilmiah yang diterbitkan oleh Balitbangda Kab. Kutai Kartanegara sejak tahun 2007 yang
lalu. Pada saat ini Jurnal sudah memasuki Volume 12 No. 1 Tahun 2018, sehingga dari segi usia sebenarnya Jurnal ini cukup matang, namun tentu masih diperlukan peningkatan kualitas dan kuantitas agar mampu menjadi sumber informasi yang handal dan sebagai bahan perumusan kebijakan.

Pentingnya penerbitan Jurnal bagi Lembaga Litbang tidak terlepas dari tugas pokok dan fungsi Balitbangda dalam rangka menyebarluaskan hasil-hasil penelitian, pengkajian, pengembangan, perekayasaan, evaluasi kebijakan, dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi. Hal ini sesuai dengan amanat Permendagri No. 17 tahun 2016 tentang Pedoman Penelitian dan Pengembangan di Kementerian Dalam Negeri dan Pemerintahan Daerah.

Jurnal “Gerbang Etam” disamping mempublikasikan hasil-hasil kelitbangan, juga mempublikasikan karya tulis ilmiah hasil pemikiran dan tinjauan dari para
peneliti, akademisi, atau praktisi dalam konteks mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi dari berbagai sector pembangunan.