KAJIAN IMPLEMENTASI PROGRAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Authors

  • Nurlim Nurlim

Keywords:

Pendidikan, PAUD, program, regulasi

Abstract

Pendidikan merupakan aset penting bagi kemajuan sebuah bangsa. Tujuan penelitian ini adalah; (1). Untuk mengkaji aspek yuridis kedudukan PAUD dalam konteks pendidikan nasional. (2). Untuk mengkaji implementasi standar akreditasi program PAUD di Kutai Kartanegara. (3). Untuk mengkaji kondisi saranga prasarana program PAUD di Kutai Kartanegara. (4). Untuk mengkaji tingkat pendidikan guru PAUD Kutai Kartanegara. Metode penelitian bersifat deskriptif kualitatif, dengan purposive sampling melalui kuesioner, observasi dan wawancara. Hasil Penelitian Aspek yuridis penyelenggaraan PAUD telah diatur dalam UU No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.Secara teknis operasional penyelenggaraan PAUD telah diatur dalam Permendiknas No. 58 Tahun 2009 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Sebanyak (79 %) penyelenggaraan PAUD di Kutai Kartanegara telah mengikuti ketentuan regulasi yang ada, namun sebanyak (21 %) tidak mengikuti ketentuan. Kondisi Sarana prasarana; (a) gedung, meja, kursi, dan (b) sarana permainan, PAUD di Kutai Kartanegara dinilai masuk kategori kurang lengkap sehingga harus menjadi perhatian. Tingkat pendidikan (guru) PAUD adalah; SMTA 61 %, Sarjana (S1) 29 %, Diploma 8 % sedangkan keempat tingkat S2/S3 (2 %).

Author Biography

Nurlim Nurlim

Lahir di Sebulu Kabupaten Kutai Kartanegara, tanggal 07 Oktober 1977. S1 di FKIP Universitas Kutai Kartanegara. Saat ini bekerja di Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Kutai Kartanegara.

Downloads

Published

2018-07-30

Issue

Section

Articles