PENDIDIKAN HUMANIS BERBASIS KULTUR SEKOLAH DASAR

Authors

  • Suswanto Suswanto

Keywords:

Pendidikan humanis, Sekolah dasar, Kultur sekolah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dan memaknai pengembangan pendidikan humanis dalam proses pembelajaran dan proses pengembangan kultur sekolah yang dilakukan oleh warga Sekolah Dasar Tumbuh 1 Yogyakarta untuk mewujudkan pendidikan yang bersifat humanis. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif fenomenologi. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas, guru pendamping khusus, guru bidang studi, staf administrasi, librarian teacher, konselor, siswa, dan komite sekolah. Semua informan tersebut merupakan sumber data primer yang berkenaan dengan pengembangan kegiatan pendidikan dan pembelajaran serta   pengembangan kultur sekolah yang bersifat humanis. Data dikumpulkan dengan mengunakan pengamatan nonpartisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan dua model analisis yaitu analisis saat mempertajam keabsahan data dan analisis melalui interpretasi data secara keseluruhan. Dalam hal ini ada empat tahap penting yang sangat berkaitan, yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan humanis yang diperoleh peserta didik dalam mereka mengembangkan potensinya terdapat pada: implementasi pendidikan dalam pembelajaran dan pengembangan kultur sekolah. Pertama, nilai-nilai humanis yang ada pada  implementasi pendidikan dalam pembelajaran yaitu ada pada pendekatan pendidikan, metode, dan proses pembelajarannya, kedua, nilai-nilai humanis yang ada pada pengembangan kultur sekolah yaitu ada pada kegiatan-kegiatan yang terdapat dalam unsur kultur sekolah yang positip yang telah membudaya dan dibudayakan oleh warga sekolah. Nilai-nilai pendidikan humanis yang ada tersebut memiliki dampak perubahan yang bersifat positif dan negatif terhadap peserta didik. Perubahan yang positif, peserta didik menjadi lebih bersifat mandiri dan kreatif. Perubahan yang bersifat negatif, peserta didik kurang disiplin dan kurang siap dalam menghadapi berbagai bentuk ujian.

Author Biography

Suswanto Suswanto

Peneliti  Non Fungsional Balitbangda Kabupaten Kutai Kartanegara

Downloads

Published

2015-11-02

Issue

Section

Articles