ANALISIS POTENSI SUMBER DAYA ALAM PERTANIAN UNTUK DIJADIKAN KOMODITAS UNGGULAN DAN PRIORITAS DI KABUPTEN KUTAI KARTANEGARA

Authors

  • Thamrin Thamrin
  • Ida Bagus Made Agung Dwijatenaya

Keywords:

Pertanian, Komoditas Unggulan, dan Prioritas

Abstract

Sektor pertanian di Kabupaten Kutai Kartanegara merupakan pembentuk struktur perkonomian yang utama setalah migas.Sektor ini seharusnya   dapat menjelaskan dan mengarahkan secara lebih spesifik mengenai komoditas unggulan yang ada pada saat ini untuk prioritas dikembangkan yang dapat menjadi penggerak perekonomian masyarakat di Kabupaten Kutai Kartanegara. Berkaitan dengan hal tersebut dilakukan penelitian potensi sumberdaya alam khususnya pertanian dalam arti luas yang difokurkan pada tiga kecamatan yaitu kecamatan Kota Bangun, Tenggarong Seberang, dan Muara Jawa. Penelitian bertujuan untuk mengetahui potensi sumberdaya alam pertanian untuk dijadikan komoditas unggulan di Kabupaten Kutai Kartanegara pada tiga wilayah sampel kecamatan.  Penelitian dilaksanakan selama 6 (enam) bulan sejak bulan Juni – November

2015 di Kecamatan Kota Bangun, Tenggarong Seberang dan Muara Jawa. Penelitian menggunakan metode analisis Komoditas Basis (Location Question/LQ) dan Analisis Hierarkhi Proses (AHP) dengan software Expert Choice. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sub sektor pertanian unggulan untuk Kecamatan Kota Bangun adalah sub sektor tanaman bahan pangan dan sub sektor perikanan.  Kecamatan Tenggarong Seberang sub sektor pertanian unggulan adalah sub sektor bahan pangan  dan sub sektor peternakan.  Selanjutnya untuk Kecamatan Muara Jawa sub sektor unggulan pertanian adalah sub sektor perikanan dan sub sektor perkebunan. Komoditas prioritas yang dikembangkan untuk Kecamatan Kota Bangun adalah padi sawah dan perikanan keramba.  Komoditas prioritas untuk Kecamatan Tenggarong Seberang adalah padi sawah dan ternak sapi.

 

Sedangkan Kecamatan Muara Jawa komoditas prioritas yang dikembangkan adalah perikanan tambak dan kelapa sawit.

Author Biographies

Thamrin Thamrin

Lahir  di  Gowa  tanggal  17  Desember  1967.  S1 Bidang Ilmu Tanah, Fakultas Pertanian Universitas Hasanuddin, Makassar,  1993.S2  Bidang  Ilmu Konservasi Tanah dan Air, Universitas Padjadjaran, Bandung,     2000.     S3     pada     Program     Studi Pengelolaan  Sumberdaya  Alam  dan Lingkungan (PSL), Institut Pertanian Bogor (IPB), 2009. Saat ini bekerja sebagai Pengurus Dewan Riset Daerah dan Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Kutai Kartanegara.

Ida Bagus Made Agung Dwijatenaya

Lahir di Kaba-Kaba, Bali tanggal 7 April 1965. S1 Jurusan Agribisnis di IPB tahun 1990. S2 Jurusan Ilmu Ekonomi di UNHAS Tahun 2003. S3 di Udayana Jurusan Ilmu Ekonomi. Saat ini bekerja sebagai Fungsional Lektor Kepala, Jabatan Struktural sebagai Ketua BPM Universitas Kutai Kartanegara.

Downloads

Published

2016-11-01

Issue

Section

Articles