KESIAPAN SATUAN KERJA PERANGKAT DAERAH DALAM IMPLEMENTASI UU NO 23 TAHUN 2014 TENTANG PEMERINTAHAN DAERAH (Studi Kasus Pada Kabupaten Kutai Kartanegara)

Authors

  • Achmad Jais

Keywords:

Implementasi, Pemerintahan daerah, SKPD

Abstract

Undang-Undang  Nomor  23 Tahun  2014  tentang Pemerintahan  Daerah  telah  ditetapkan  untuk mengganti UU 32 Tahun 2004 yang tidak sesuai lagi dengan perkembangan keadaan, ketatanegaraan, dan tuntutan penyelenggaraan pemerintahan daerah. Metode penelitian ini adalah kualitatif interpretif. Peneliti memilih pendekatan interpretif dikarenakan dalam penelitian ini bertujuan untuk menginterpretasi sejauh mana kesiapan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) Kabupaten Kutai Kartanegara dalam melaksanakan undang-undang No 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah. Hasil penelitian menunjukan bahwa kesiapan  pemerintah Kabupaten  Kutai Kartanegara  dilihat dari kewenagan yang ada dalam Undang-Undang No. 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah belum sepenuhnya siap karena masih menunggu pemindahan asset, personil, sarana dan prasarana serta dokumen dan kebijakan dari pemerintah kabupaten dan provinsi.

Author Biography

Achmad Jais

Lahir di Sabintulung, tanggal 5 April 1970. S1 Jurusan Manajemen Unikarta di Kutai Kartanegara tahun 1998. S2 Jurusan Manajemen Keuangan Unhas tahun 2002. S3 Jurusan Ilmu Manajemen di Universitas Brawijaya tahun 2011. Bekerja sebagai Fungsional Peneliti Muda di Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Kutai Kartanegara.

Downloads

Published

2016-11-01

Issue

Section

Articles