DINAMIKA PROSES PEMBELAJARAN BERSIFAT EKPLORATIF PADA SEKOLAH LANJUTAN TINGKAT ATAS

Authors

  • Suswanto Suswanto

Keywords:

Dinamika pembelajaran, Ekploratif, Sekolah lanjutan tingkat atas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dan memaknai dinamika proses pembelajaran pada Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SMA) yang bersifat ekploratif. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif fenomenologi. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru bidang studi, staf administrasi, pustakawan, konselor, siswa, dan komite sekolah. Semua informan tersebut merupakan sumber data primer yang berkenaan dengan proses kegiatan pembelajaran yang bersifat ekploratif. Data dikumpulkan dengan mengunakan pengamatan nonpartisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan dua model analisis yaitu analisis saat mempertajam keabsahan data dan analisis melalui interpretasi data secara keseluruhan. Dalam hal ini ada empat tahap penting yang sangat berkaitan, yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran yang bersifat ekploratif dapat ditemukan pada : demokratisasi di dalam proses pembelajaran, kebebasan peserta didik dalam mengembangkan potensinya, perlakuan terhadap keunikan yang dimiliki peserta didik, dan memelihara hubungan (care ralation) antara pendidik dan peserta didiknya.

Author Biography

Suswanto Suswanto

Lahir   di   Blitar   Jawa   Timur,   tanggal   25   Mei Lulus Sarjana  Pendidikan  Bahasa  Inggris Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) tahun Program Magister Managemen Pendidikan di   Pascasarjana  Universitas  Negeri   Yogyakarta (UNY)  lulus  tahun  2003.  Melanjutkan  studi  S3 di  Program  Studi  Ilmu  Pendidikan Pascasarjana Universitas     Negeri     Yogyakarta,     lulus     2014. Suswanto  merupakan  tenaga  fungsional umum sebagai   Analis   Sosial   Budaya   di   Balitbangda Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Downloads

Published

2016-11-01

Issue

Section

Articles