ANALISIS USAHA TANI JELAI (Coix lacryma-Jobi L.) SEBAGAI SUMBER PANGAN ALTERNATIF DI KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA KALIMANTAN TIMUR

Authors

  • Ida Bagus Made Agung Dwijatenaya

Keywords:

Faktor produksi, Produksi, Skala hasil, Usahatani jelai

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor produksi terhadap produksi jelai (Coix lacryma-Jobi L). Teknik pengambilan sampel dengan metode pengambilan sampel jenuh. Dengan jumlah sampel 37 petani. Fungsi produksi Cobb-Douglas digunakan untuk menjawab tujuan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan faktor produksi (luas lahan, benih, tenaga kerja, pupuk, dan umur petani) secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap produksi jelai. Benih dan umur petani berpengaruh positif dan signifikan terhadap produksi jelai, sedangkan luas lahan, tenaga kerja, dan pupuk berpengaruh tidak signifikan terhadap produksi jelai. Return to scale usahatani jelai berada pada kondisi increasing return to scale artinya layak untuk dikembangkan.

Author Biography

Ida Bagus Made Agung Dwijatenaya

Lahir di Kaba-Kaba, Bali tanggal 7 April 1965. S1 Jurusan Agribisnis di IPB tahun 1990. S2 Jurusan Ilmu Ekonomi di UNHAS Tahun 2003. S3 di Udayana Jurusan Ilmu Ekonomi. Saat ini bekerja sebagai Fungsional Lektor Kepala, Jabatan Struktural sebagai Ketua BPM Universitas Kutai Kartanegara.

 

Downloads

Published

2016-11-01

Issue

Section

Articles