DAMPAK SITUS JEJARING SOSIAL (FACEBOOK) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS 2 MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) TENGGARONG KUTAI KARTANEGARA

Authors

  • Mustafa Ismail

Keywords:

Facebook, Prestasi belajar, Siswa.

Abstract

Globalisasi tidak mungkin kita hindari dengan segala akibatnya, maka tugas kita untuk menyaring secara
selektif terhadap pengaruh terutama pengaruh yang sifatnya bertentangan dengan norma agama
dan masyarakat. Situs jejaring sosial faceebok adalah situs pertemanan atau jaringan sosial untuk
menambah kawan dan silaturrahmi untuk teman yang mungkin lama tidak bertemu. Gunakan agama,
pikiran bersih dan norma dalam rangka menikmati fasilitas-fasilitas teknologi yang membuat kita
semakin gampang, enak dalam hidup sehari-hari. Kemajuan teknologi yang terus berkembang
merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi dan menurunkan prestasi belajar siswa.
Sehingga siswa lebih banyak menghabiskan waktu . Untuk itu dalam penelitian ini tidak
menggunakan hipotesis sehingga menggunakan hanya untuk menggunakan teknologi tersebut
khususnya Facebook. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang
signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas 2 di MAN Tenggarong. Jenis penelitian ini adalah
peneltian kuantitatif deskriptif, tekhnik pengumpulan data berupa angket, wawancara dan
dokumentasi. Dalam penelitian ini menggunakan dua variable yaitu variable terikat adalah prestasi
belajar dan variable bebasnya adalah pengguna situs jejaring sosial Facebook. rumus korelasi
product moment, uji validitas, dan uji reliabilitas dan hasil wawancara sehingga dapat menunjang
kevalidan datanya. Dari hasil penelitian ini yang didapat dari perhitungan melalui rumus product
moment dan dari hasil wawancara, maka dapat disimpulkan bahwa ternyata ada pengaruh dari
penggunaan situs jejaring sosial facebook terhadap prestasi belajar siswa. Dan adanya pengaruh
terhadap perilaku siswa yang menggunakan situs jejaring sosial (facebook), Oleh karena itu sebaiknya
menggunakan teknologi atau situs jejaring sosial (facebook) dengan baik dan benar sehingga tidak
menimbulkan efek yang negatif bagi pengguna, baik dalam prestasi belajar ataupun perilakunya.
Selain peran dan pengawasan orang tua juga sangat berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa
dan perilaku siswa.

Author Biography

Mustafa Ismail

Lahir di Sebulu Kabupaten Kutai Kartanegara, tanggal 20 September 1968. S1 Jurusan Syariah (Peradilan Agama) di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Tahun 1997. S2 Prodi Ekonomi Syariah MSI UII Yogyakarta tahun 2002. Bekerja sebagai Peneliti Non Fungsional di Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Kutai Kartanegara.

Published

2018-08-08

Issue

Section

Articles