KAJIAN OPTIMALISASI PENERAPAN REGULASI TERHADAP KEMUDAHAN BERINVESTASI DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI INVESTASI DI KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Authors

  • Soleh
  • Kartika
  • Rita Ariani
  • Wahyuni Wahyuni

Abstract

Investasi memiliki peranan penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dan pembangunan nasional. Pertumbuhan investasi di daerah sangat bergantung pada instrument hukum yang diterapkan oleh Pemerintah daerah; Tujuan penelitian; 1). Untuk mengetahui perkembangan dan pelaku investasi di Kab. Kutai Kartanegara. 2). Untuk mengetahui permasalahan regulasi dan kewenangan pengelolaan investasi. 3). Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi investasi. 4). Untuk mengetahui inovasi sistem pelayanan investasi dalam paradigma desentralisasi. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil Penelitian; 1). Realisasi Investasi PMDN Kab. Kutai Kartanegara merupakan yang tertinggi di Provinsi Kalimantan Timur tahun 2018, sedangkan realisasi investasi bidang PMA berada diurutan ke-5 sehingga perlu dievaluasi. 2). Penerapan Perda No. 2 tahun 2012 tentang Penanaman Modal masih terkendala al; belum berhasil membangun pola kemitraan antara pihak Investor dengan pihak BUMD, Koperasi, Pengusaha local, dan UMKM. Penyediaan tenaga kerja local belum seimbang; Pemkab Kutai Kartanegara belum dapat memberikan fasilitas; pengurangan, penghapusan dan pembebasan pajak dan retribusi daerah. 3). Faktor-faktor yang mempengaruhi investasi adalah; Potensi sumberdaya alam, PDRB, ketersediaan sarana prasarana, regulasi dibidang investasi, stabilitas politik, dan kondisi sosial budaya. 4). Sebagai inovasi pelayanan, DPMPTSP menerapkan pelayanan terintegrasi melalui satu pintu. Selain itu, akan mengacu pada PP No. 24 Tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik dalam menerbitkan izin usaha oleh Lembaga Online Single Submission (OSS) untuk dan atas nama Bupati/Walikota dalam bentuk dokumen elektronik sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan. Inovasi tersebut dilakukan dalam mendukung kemudahan berinvestasi di Kab. Kutai Kartanegara.

Author Biographies

Soleh

Lahir di Hutabargot, Sumatera Utara tanggal 10 Juli 1966. S1 Jurusan Pendidikan di UNY Yogyakarta tahun 2002. S2 Jurusan Hukum di UPB Surabaya. S3 di Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya Jurusan Ilmu  Hukum Tatanegara . Bekerja sebagai Fungsional Peneliti Madya di Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Kutai Kartanegara.

Kartika

Lahir di Jambi, tanggal 23 September 1978. S1 Jurusan Teknik Kimia di UPN “Veteran” Yogyakarta. Saat ini sedang menempuh S2 Ilmu Lingkungan di Universitas Mulawarman Samarinda. Bekerja sebagai Fungsional Peneliti di Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Kutai Kartanegara

Rita Ariani

Lahir di Muara Badak tanggal 18 Desember 1974. S1 Jurusan Manajemen di  Universitas Kutai Kartanegara. Bekerja sebagai Fungsional Peneliti di Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Kutai Kartanegara.

Wahyuni Wahyuni

Bekerja sebagai peneliti di Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Kutai Kartanegara

Downloads

Published

2019-07-31

Issue

Section

Articles