STRATEGI PEMASARAN TEH SERAI ETAM DI KELURAHAN JAHAB KECAMATAN TENGGARONG

Authors

  • Arista Damayanti

Keywords:

Strategi, Pemasaran, SWOT

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman pada pemasaran Teh Serai Etam di Kelurahan Jahab Kecamatan Tenggarong Kabupaten Kutai Kartanegara. Kemudian dari penelitian ini juga ingin mengetahui bagaimana alternatif strategi yang bisa mengembangkan pemasaran Teh Serai Etam di Kelurahan Jahab Kecamatan Tenggarong Kabupaten Kutai Kartanegara. Hasil penelitian pada evaluasi lingkungan internal dan eksternal diperoleh 10 faktor lingkungan internal yang terdiri dari 5 faktor kekuatan, 5 faktor kelemahan dan 10 faktor lingkungan eksternal yang terdiri dari 5 faktor peluang, 5 faktor ancaman. Dari 5 faktor kekuatan yang mendapatkan nilai tertinggi adalah bahan baku yang mudah didapatkan sebesar 0,45 dan 5 faktor kelemahan yang mendapatkan nilai tertinggi adalah alat produksi yang kurang memadai sebesar 0,403125. Sedangkan dari 5 faktor peluang yang mendapatkan nilai tertinggi adalah dalam proses mendapatkan Hak Paten dan BPOM sebesar 0,52 dan 5 faktor ancaman yang mendapatkan nilai tertinggi adalah peningkatan peraturan pemerintah sebesar 0,39375. Dari keseluruhan nilai, faktor lingkungan internal mendapatkan nilai sebesar 3,6 sedangkan faktor lingkungan eksternal mendapatkan nilai sebesar 3,2. Berdasarkan hasil tersebut strategi Home Industri Teh Serai Etam terletak pada sel I yaitu dalam kondisi tumbuh dan membangun. Dari hasil matriks internal dan eksternal didapatkan hasil strategi dari matriks SWOT sebanyak 13 alternatif strategi.

Author Biography

Arista Damayanti

Lahir di Samboja Kutai Kartanegara , tanggal 12 Mei 1982, Saat ini bekerja sebagai Dosen Program Studi Agribisnis Universitas Kutai Kartanegara .

Downloads

Published

2018-07-30

Issue

Section

Articles